'/> Sukses Beretorika Dengan Baik

Info Populer 2022

Sukses Beretorika Dengan Baik

Sukses Beretorika Dengan Baik
Sukses Beretorika Dengan Baik
Sukses Beretorika dengan Baik - Beretorika (berpidato) merupakan seni berbicara didepan umum, merupakan bentuk komunikasi pribadi yang dituangkan dalam bentuk kata-kata oleh pembicara (orator) kepada target pidato (khalayak). Sebagai seni berbicara, maka berpidato memerlukan keahlian bagi seorang orator. Untuk mendapatkan keahlian tersebut, seorang orator harus sering melaksanakan latihan serta mengetahui juga langkah-langkah untuk mendapatkan keterampilan dan seni berbicara tersebut. Hal-hal yang harus dikuasai oleh seorang orator yaitu gerak-gerik dan mimik ketika berpidato, mengetahui bahasa yang baik dalam berpidato serta faham akan pentingnya humor dalam berpidato.
1.Sikap Gerak-Gerik dan Mimik
Dalam sebuah pidato sikap pembicara, gerak-gerik dan juga mimiknya sangat dibutuhkan supaya bahan yang disampaikan sanggup diterima dan juga tidak membosankan pendengar. Gerak-gerik ialah gerak tubuh atau gerak tubuh ketika merespon suatu kata atau kalimat yang diucapkan ketika berpidato.
Gerak-gerik dan mimik yang tepat sanggup menunjang keefektifan berbicara. Pembicara juga terjaga dari kekakuan. Hal-hal yang penting selain menerima tekanan juga sanggup dibantu dengan gerak tangan atau mimik. Hal ini sanggup menghidupkan komunikasi semoga pembicara juga terjaga dari kekakuan
Seorang pembicara harus tampil dengan berani di depan pendengarnya. Sikap percaya diri merupakan kunci utama untuk berani berbicara di depan umum. Sikapnya harus hening ketika berbicara. Pendengar akan sanggup diyakinkan bila pembicara berbicara dengan penuh keberanian dan percaya diri yang tinggi. Sebaliknya, kalau seorang pembicara berbicara dengan malu-malu dna kurang percaya diri maka pendengar akan mencurigai dapat dipercaya dari pembicara, apalagi hal yang sedang dibicarakan olehnya.
Selain itu, seorang pembicara yang lancar dalam berbicara akan memudahkan pendengar menangkap isi pembicaraanya. Sering kita mendapatkan seorang pembicara yang berbicara terputus-putus atau terbata-bata. Hal ini akan mengganggu daya simak pendengar. Pembicara yang terlalu cepat juga akan mempersulit pendengar menangkap pokok pembicaraan. Pembicara yang baik harus berbicara dengan lancar, tidak terlalu cepat dan tidak juga terlalu lambat.
Jika kita sedang memberikan pidato atau presentasi kita harus mengetahui pentingnya pemahaman 55% visual dan 38% paralanguage. Oleh lantaran itu, kita harus mengetahui tips-tips dibawah ini:
  1. Cobalah untuk tidak bangun saja, khususnya kalau terdapat podium. Lakukan gerakan semoga pendengar tetap terjaga.
  2. Jika terdapat podium, cobalah untuk tidak memegang akrab podium tersebut. Itu hanya akan memperlihatkan sikap keragu-raguan kita.
  3. Jaga kepala semoga tetap tegak.
  4. Perhatikan lengan kita dengan telapak tangan selalu menghadap ke atas.
  5. Jika kita mengacu pada layar, jangan lupa untuk menjaga semoga tubuh bab depan tetap menghadap ke arah pendengar.
  6. cobalah untuk tidak melihat ke bawah, baik itu melihat catatan maupun lantai.
  7. Sesekali gunakan kontak mata dengan semua pendengar dengan cepat. Para pendengar seperti ingin melihat kita berbicara dengan para pendengar. Cara ini mengesankan keramahan dan dapat dipercaya kita yang tinggi.
  8. Variasikan gaya penyampaian kita dengan mengubah ritme suara, menyerupai kenyaringan dan naik-turun suara.
  9. Jika para pendengar mulai bosan, kita sanggup sejenak mengubah topik atau menghentikan presentasi (jika memungkinkan).
2. Bahasa dalam Berpidato
Bahasa merupakan wahana komunikasi utama manusia. Dalam arti luas, bahasa budaya mempunyai dua ciri utama; pertama, bahasa dipakai dalam proses transmisi pesan, kedua; bahasa merupakan instruksi yang penggunaannya ditentukan bersama oleh warga suatu kelompok atau masyarakat.
Untuk mempelajari dunia sekeliling kita, bahasa menjadi peralatan yang sangat penting dalam memahami lingkungan. Melalui bahasa kita sanggup mengetahui sikap, sikap dan pandangan suatu bangsa, meski kita belum pernah berkunjung ke negaranya. Pendek kata bahasa memegang peranan penting bukan saja dalam kekerabatan antarmanusia, tetapi juga dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pewarisan nilai-nilai dari generasi pendahulu kepada generasi pelanjut.
Bahasa berbagi pengetahuan kita, semoga kita sanggup mendapatkan sesuatu dari luar dan juga berusaha untuk menggambarkan ide-ide kita kepada orang lain. Dalam retorika bahasa sangat penting untuk dikuasai oleh seorang pembicara/nara sumber lantaran dengan mengusai bahasa, pesan yang disampaikan akan lebih gampang diterima oleh khalayak. 

3. Gaya Lisan
Gaya verbal merupakan kualitas berbicara yang terang dibedakan dengan bahasa tulisan.  Susunan kata dan tata bahasa yang Anda gunakan tidak sanggup berbicara persis menyerupai yang Anda tulis. Berdasarkan pengamatan sejumlah goresan pena dan pengamatan dari beberapa peneliti, De Vito (1965, 1990) menyatakan bahwa pada umumnya  bahasa verbal terdiri dari kata-kata yang lebih sederhana, lebih pendek, dan lebih terkenal daripada kata-kata dalam bahasa tulisan. Bahasa verbal mengandung sejumlah besar istilah referensi sendiri, ungkapan, istilah yang kuantitatif semu (misalnya banyak, sangat, berbagai, sejumlah), lebih banyak mengandung pernyataan yang menyatukan pembicara sebagai bab dari pengamatan, dan lebih banyak memakai kata benda daripada kata keterangan. Sebagaian besar gaya berbicara ini harus dipertahankan di dalam pembicaran di depan umum, namun harus diberikan polesan gaya yang diperkirakan cocok untuk keperluan bericara dan paling efektif dalam mengomunikasikan maksud kepada khalayak pendengar.
Berikut ini aliran dalam menyusun pidato dalam rangka menghasilkan gaya verbal yang memperhatikan kesempurnaan dan persuasif:
  1. kita bicarakan dahulu bagaimana menentukan kata untuk mencapai gaya pidato yang efektif.
  2. kita akan mengupas beberapa saran dalam menyusun gaya kalimat yang memperlihatkan kejelasan dan penguatan.
4. Pilihan Kata
Pilihan kata hendaknya tepat, jelas, dan bervariasi. Maksudnya semoga gampang dimengerti oleh pendengar. Pendengar akan lebih gampang paham bila kata-kata yang dipakai sudah dikenal oleh pendengar. Misalnya kata-kata terkenal tentu akan lebih efektif daripada kata-kata yang berasal dari bahasa abnormal yang jarang dikenal oleh pendengar. Pendengar akan lebih tertarik dan bahagia mendengar kalau pembicara berbicara dengan terang dalam bahasa yang dikuasainya. Pilihan kata juga diubahsuaikan dengan pokok pembicaraan. Jika pokok pembicaraan ialah persoalan ilmiah, tentu penggunaan kata istilah tidak sanggup dihindari dan pendengar pun akan sanggup memahami lantaran pendengarnya biasanya orang yang mengerti bidang yang sedang dibicarakan.
Uraian dalam gaya bericara harus merupakan tujuan utama dalam berpidato. Berikut aliran untuk membuat pembicaran yang lebih jelas.
  1. Yang ringkas, contoh warnanya biru, pukul 21.00 malam hari
  2. Gunakan istilah dan angka spesifik, rujukan lebih baik katakan anjing daripada makhluk hidup
  3. Gunakan ungkapan yang memandu contoh pendapat saya berikutnya ialah …, coba kita perhatikan bagaimana cara.
  4. Gunakan istilah pendek, populer, dan umum, rujukan lebih baik mengatakan menggali daripadamengorek keterangan
  5. Gunakan ulangan dan ringkasan internal
  6. Gunakan kata kerja aktif, rujukan lebih baik manajemen menemui kita besok daripadamanajemen akan berada di sini besok.
  7. Gunakan teknik berpidato, perhatikan aliterasi, hiperbola, metafora, metonimi, personifikasi, pertanyan retorik, dan simile
  8. Gunakan indera, rangsang indera perasaan khalayak
  9. Indera penglihatan, dalam menguraikan obyek ciptakan bayangan seperti khalayak melihatnya mulai visualisasi tinggi, berat, warna, berntuk, besaran
  10. Indera pendengaran, rangsang khalayak untuk menguraikan bunyi, misal angin mendesisi, teriakan guru
  11. Indera perasa, gunakan istilah yang merangsang perasaan pendengar, misal halusnya kulit bayi yang gres lahir, kasarnya kertas ampelas
  12. Kesesuaian, mengikuti aliran untuk membantu menentukan bahasa yang sesuai
  13. Berbicara pada formalitas yang sesuai, contohnya ucapkan takkan daripada tidak akan
  14. Hindari kata asing, jargon, kata teknis, dan singkatan. Memang beberapa abreviasi tak abnormal bagi pendengar, namun harus hati-hati lantaran tidak semua pendengar paham. Oleh alasannya itu, penggunaan abreviasi harus diikuti oleh klarifikasi artinya.
  15. Hindari siang dan ungkapan vulgar, dihentikan menyinggung perasaan pendengar
  16. Hindari istilah dan ungkapan yang ofensif, misal lebih baik menyebut pemain drama daripadadramawan
  17. Gaya personal, lebih baik pembicara yang bericara dengan mereka daripada berbicara kepada mereka
  18. Gunakan kata ganti orang, misal lebih baik ia, saya, anda daripada seseorang
  19. pertanyaan pribadi ke khalayak, mengajak pendengar untuk menjadi bab program dari pembicaraan
  20. Ciptakan kesiapan, lebih baik mengatakan Anda akan menyukai membaca… daripadaSetiaporabg akan menyukai membaca…
  21. Penguatan, dengan mengendalikan perhatian, pikiran dan perasaan khalayak, dengan bahasa yang menguatkan
  22. Hilangkan yang melemahkan, misalnya rasanya, berdasarkan pendapat saya
  23. Hindari kata umum dan klise, misalkan saya tidak mengetahui seni modern, tetapi saya tahu apa yang saya sukai atau ungkapan klise seperti manis menyerupai madu
  24. Mainkan intensitas bunyi dengan derajat inetnsitas gaya yang berbeda-beda untuk membuat suasana yang mendalam
Pidato yang efektif memerlukan perhatian khusus dalam pembentukan kalimat. Berikut ini beberapa pedomannya.
  1. Pilih kalimat pendek
  2. Pilih kalimat langsung, contohnya lebih baik mengatakan Kita tidak usah mendapatkan rancangan … saya tunjukkan kepada Anda tiga alasan daripada Saya ingin memberitahu Anda mengenai tiga alasan mengapa kita tidak perlu mendapatkan rancangan …
  3. Pilih kalimat aktif, lebih baik mengatakan Manajemen menyetujui tawaran itu daripadaProposalnya disetujui oleh manajemen
  4. Gunakan kalimat yang positif, lebih baik mengatakan kami menolak tawaran itu daripada kami tidak mendapatkan tawaran itu
  5. Variasi jenis dan panjang kalimat.Kalimat harus pendek, langsung, aktif, dan positif memang benar, namun terlalu banyak kalimat yang jenis dan panjangnya sama akan terasa membosankan. Gunakan variasi dalam pembentukan kalimat sementaras dengan tetap memperhatikan aliran umum di atas.
5. Humor dalam berpidato
Humor dalam sebuah pidato sangat dibutuhkan dengan tujuan supaya lezat didengar dan juga pembicaraan menjadi lebih hidup. Para hebat retorika, mengukur, minimal dua humor dalam satu jam ceramah, tidak menyimpang dari makna dan tujuan dakwah, humor tidak bertentangan dengan essensi dakwah yang mengandung undangan kepada kebaikan sekaligus pencegahan dari kemungkaran.
Patokan humor (Alan Butcwater, 1990) yaitu:
  1. Sesuai dengan konteks pembicaraan
  2. dapat dimengerti impulsif oleh pendengar
  3. Mampu menggugah daya nalar

 Pidato Selanjutnya
Contoh Pidato Belajar Yang Sukses
Contoh Pidato Amanat Pembina Upacara
Contoh Pidato Hari Pendidikan Nasional

Advertisement

Iklan Sidebar