Pembelajaran Menulis Teks Pidato dengan Metode Kolaborasi - Pembelajaran merupakan sebuah proses. Langkah-langkah metode ini merupakan cara yang anggun untuk mengenalkan siswa kepada bahan pelajaran yang akan diajarkan. Selain itu, sanggup menggunakannya untuk menilai tingkat pengetahuan siswa. Alwasilah (2007:26) mengungkapkan bahwa langkah-langkah pembelajaran menulis teks pidato dengan memakai metode kerja sama sebagai berikut :
- Siswa mengemukakan pengetahuannya ihwal teks pidato.
- Pendapat yang disampaikan siswa ihwal teks pidato ditanggapi oleh guru.
- Siswa mengemukakan referensi teks pidato sesuai dengan yang diketahuinya.
- Setelah siswa mengemukakan pendapat ihwal teks pidato sesuai dengan pengtetahuan yang diketahuinya, guru menjelaskan bahan ihwal teks pidato.
- Siswa menyimak referensi teks pidato dari guru.
- Siswa berkelompok (delapan kelompok, setiap orang terdiri atas lima orang).
- Siswa berkolaborasi dengan kelompoknya untuk menyatukan konsep dan merumuskan hal-hal yang penting dalam menulis teks pidato.
- Siswa menulis teks pidato masing-masing dengan memakai bahasa sendiri, sehabis berkolaborasi dengan kelompoknya ihwal hal-hal yang penting dalam menulis teks pidato.
- Siswa berdiskusi dengan kelompoknya bila mendapat hambatan saat menulis teks pidato, supaya mendapat masukan-masukan yang membangun dari setiap anggota kelompoknya.
- Siswa berkolaborasi dengan kelompoknya mengoreksi/menganalisis teks pidato yang ditulis sobat sekelompoknya, dengan cara menggaris bawahi atau mencoret kesalahan yang dibuatnya (setiap anggota kelompok harus saling mengoreksi/ menganalisis).
- Siswa memperhatikan hal-hal yang yang perlu diperhatikan saat mengoreksi/menganalisis tek pidato meliputi: kesesuaian isi dengan topik, struktur isi pidato, pilihan kata, dan EYD (ejaan yang disempurnakan) dalam berkolaborasi untuk mengoreksi/menganalisis teks pidato sobat sekelompoknya.
- Siswa berkolaborasi mengoreksi/menganalisis teks pidato sobat sekelompoknya (setiap anggota kelompok harus saling mengoreksi) dengan memperhatikan hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengoreksi/ menganalisis teks pidato meliputi: kesesuaian isi dengan topik, struktur isi pidato, pilihan kata, dan EYD (ejaan yang disempurnakan) dibimbing oleh guru.
- Setelah proses kerja sama tersebut berakhir, guru mengidentifikasi kesalahan yang paling sering dilakukan siswa, lalu menawarkan pengarahan supaya tidak mengulangi kesalahan yang sama.
- Setelah itu, guru menyuruh kembali siswa untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam penulisan teks pidato dan melaksanakan analisis kembali pada pertemuan atau siklus berikutnya hingga dengan teks pidato tersebut dinilai sudah baik.
Dalam langkah-langkah di atas, siswa dituntut untuk lebih kreatif dalam berguru serta merumuskan konsep dan kesimpulan sendiri terhadap bahan yang telah diajarkan. Setiap siswa saling mengoreksi atas kesalahannya dalam menulis teks pidato dengan cara kerjasama.
Berdasarkan pernyataan di atas, sanggup ditarik kesimpulan bahwa sehabis siswa selesai menulis teks pidato, sehabis itu siswa berkolaborasi dengan kelompoknya mengoreksi/menganalisis teks pidato yang ditulis sobat sekelompoknya. Setelah proses kerja sama tersebut berakhir, guru mengidentifikasi kesalahan yang paling sering dilakukan siswa, lalu menawarkan pengarahan supaya tidak mengulangi kesalahan yang sama.
Baca Juga
Cara Membuka dan Menutup Pidato yang Baik dan Benar
Baca Juga
Cara Membuka dan Menutup Pidato yang Baik dan Benar
Advertisement